Website

Apa itu VPN, Fungsi dan Manfaatnya

VPN atau jaringan pribadi virtual adalah cara yang baik untuk meningkatkan privasi koneksi Internet Anda. Selama beberapa tahun, popularitasnya tidak berhenti berkembang, mungkin seiring dengan upaya berbagai perusahaan untuk memantau penggunanya. Namun, ada banyak keuntungan menggunakan VPN yang masih belum diketahui.

Jaringan pribadi virtual sama sekali bukan hal baru. Mereka selalu ada, meskipun dengan kemajuan Internet, penggunaan baru ditemukan untuk itu. Di antara manfaat VPN adalah anonimitas, sesuatu yang semakin dihargai oleh pengguna dan yang mendorong enkripsi data dan aplikasi perpesanan pribadi seperti Signal.

Kami akan membuat daftar beberapa alasan penggunaan VPN yang mungkin belum Anda pertimbangkan.

  1. Mencegah penyedia Internet Anda mengakses data Anda
    Google, Facebook, dan perusahaan lain mengawasi Anda. Ini adalah harga yang harus dibayar untuk memiliki layanan mereka secara gratis: mereka menggunakan data penjelajahan Anda untuk menarik pengiklan, yang merupakan orang-orang yang melumasi pengoperasian semua mesin ini dengan uang mereka.

Namun, tidak peduli seberapa keras mereka mencoba, hanya ada satu perusahaan yang mampu mengetahui situs web mana yang Anda kunjungi dan kapan: penyedia Internet Anda. Perusahaan telepon yang Anda sewa dapat mengetahui dengan pasti riwayat penelusuran Anda, meskipun data ini ditangani secara pribadi sehingga tidak ada karyawan atau peretas yang dapat mengaksesnya.

Namun, itu dia, dan mungkin itu adalah sesuatu yang ingin Anda hindari. Anda dapat melakukannya – setidaknya sebagian – dengan jaringan pribadi virtual. Salah satu manfaatnya adalah membuat data Anda lebih sulit dilacak oleh penyedia Internet.

Ini adalah VPN gratis terbaik yang dapat Anda gunakan saat ini

  1. Lewati sensor
    Salah satu kelebihan VPN adalah Anda bisa berselancar seolah-olah berada di negara lain. Ini dapat digunakan untuk praktik ilegal, seperti menonton layanan streaming yang tidak tersedia di Anda, tetapi juga untuk mempermudah tugas banyak aktivis.

Di negara tertentu, kebebasan berekspresi dan berpendapat tidak ada, dan kejahatan yang dilakukan di Internet akan dihukum berat. Inilah yang mendorong lawan untuk berlindung di jaringan pribadi virtual sebagai cara untuk mencegah pemerintah memata-matai dan menangkap mereka.

Di China, misalnya, mereka dilarang, meski banyak yang menggunakannya untuk mengakses Twitter atau Facebook.

  1. Hubungkan dengan aman ke jaringan WiFi publik
    Jaringan WiFi publik tidak aman. Seorang cracker dengan pengetahuan yang cukup dapat mengakses informasi pribadi dan pribadi dari semua perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama dengannya. Itulah mengapa disarankan untuk menghindari jaringan ini jika memungkinkan.

Jika Anda tidak bisa, setidaknya lakukan tindakan pencegahan, seperti menghubungkan secara anonim dengan VPN. Ini bukan tindakan yang sempurna, tetapi akan menyulitkan untuk mengakses semua informasi yang mengalir ke atau dari perangkat Anda.

Bagaimana mengetahui VPN mana yang terbaik untuk Anda sesuai dengan kebutuhan Anda

  1. Akses jarak jauh ke kantor Anda untuk teleworking
    Banyak perusahaan menggunakan jaringan internal untuk mengelola dokumen atau informasi. Masalahnya adalah bahwa peralatan yang tersambung perlu disambungkan secara fisik, masalah jika Anda ingin bekerja dari rumah. Ini dihindari dengan salah satu keuntungan VPN yang tidak diketahui: Anda dapat mengakses jaringan kerja Anda dari jarak jauh.

Sekarang teleworking sebagai metode mendamaikan pekerjaan dan kehidupan keluarga mulai berlaku, banyak perusahaan harus menjajaki kemungkinan ini.

  1. Hindari diretas
    Kami telah mengatakan sebelumnya bahwa peretasan relatif mudah di jaringan WiFi publik. Bahkan secara pribadi, juga benar jika penjahat yang bersangkutan memiliki data seperti alamat IP atau telah berhasil menyelundupkan malware ke PC Anda.

Langkah keamanan yang baik adalah menyembunyikan alamat Anda di belakang VPN, yang akan memberi penyerang alamat palsu.