Hosting

Memahami Tentang FTP

Memahami Tentang File Transfer Protocol

Ketika kita pertama kali memasuki dunia website, page development dan web hosting, ada sebuah kata yang cepat atau lambat akan terlintas di hadapan Anda: FTP. Ini terkait dengan mengunggah dan mengunduh file… Tapi bagaimana caranya? Di mana saya dapat terhubung? Untuk apa sebenarnya FTP itu?

Pada artikel ini hari ini kami akan mencoba untuk mempelajari konsep-konsep yang mengelilingi FTP, tetapi secara khusus kami akan menjelaskan apa itu FTP dan bagaimana model klien-server yang menggunakan protokol ini bekerja.

Dalam bahasa Inggris, singkatan FTP adalah singkatan dari “File Transfer Protocol”, yang diterjemahkan menjadi “File Transfer Protocol”. Layanan FTP adalah layanan yang digunakan untuk mengirim dan mendapatkan file antara dua komputer jarak jauh. Kasus yang paling umum adalah transfer antara komputer lokal klien dan server penyedia, meskipun koneksi FTP juga dapat dibuat antara dua server.

Porta tipikal yang digunakan untuk menyambung ke FTP adalah 20 dan 21 untuk sebagian besar kasus, meskipun di beberapa penyedia hal ini mungkin berbeda-beda. Dua jenis transfer umumnya digunakan: satu ASCII dan yang lainnya Biner. Yang pertama hanya mentransfer teks biasa dari tipe ASCII, seperti halaman HTML tanpa gambar, sedangkan kelas kedua digunakan untuk mentransfer file seperti gambar, audio, video, dll.

Untuk apa ftp ini

Seperti yang kami katakan, layanan FTP digunakan untuk mentransfer file / data, dan dalam banyak kasus mereka ditransfer dari server ke komputer lokal atau sebaliknya dengan kecepatan maksimum, tetapi kelemahan dari koneksi FTP yang khas adalah semua Data , termasuk nama pengguna dan kata sandi akun FTP, dikirim dalam format teks biasa, sehingga jika pihak ketiga yang jahat berhasil mengganggu koneksi, mereka dapat memperoleh informasi yang sangat berharga bagi kami.

Jika kita ingin mengamankan layanan FTP, kita harus memilih untuk menggunakan aplikasi tipe SFTP, yang bertanggung jawab untuk mengenkripsi konten yang ditransfer, sedemikian rupa sehingga jika seseorang berhasil mendapatkan informasi transfer, itu akan dienkripsi.

Apa itu klien FTP?

Salah satu bagian terpenting dalam bekerja dengan FTP adalah untuk diingat bahwa ia menggunakan apa yang disebut klien FTP.

Klien FTP tidak lebih dari perangkat lunak yang diinstal pada mesin pengguna dan memungkinkan koneksi melalui protokol FTP ke server FTP jarak jauh yang ada di Internet.

Ini disebut “klien” karena klien (pengguna) yang terhubung ke server, menerapkan model server klien Internet klasik untuk mengunggah atau mengunduh file sesuai kebutuhan.

Apa itu Server FTP?

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, yang disebut server FTP adalah perangkat lunak yang berjalan pada server yang terhubung ke Internet (atau ke jaringan LAN lokal), dan fungsi utamanya adalah untuk memungkinkan klien FTP yang berbeda untuk terhubung dengannya, dan kemudian mengunduh atau mengunggah informasi (file).

Server FTP selalu mengintervensi koneksi FTP, karena tanpanya file tidak akan pernah dapat diakses untuk berinteraksi dengannya (unduh, unggah, atau hapus). Elemen yang diperlukan agar server FTP berfungsi adalah berada di bawah jaringan TCP / IP, yang akan dihubungkan ke VPS, Cloud, atau server khusus.