Website

Mengenal Tentang Web Streaming

Apa itu streaming?

Untuk memulainya, penting untuk menentukan apa sebenarnya streaming itu. Streaming adalah transmisi video atau audio secara real time, yaitu cara untuk melihat atau mendengarkan beberapa jenis konten multimedia (sering kali live) dan tanpa perlu mendownload file audio atau video ke perangkat kami. atau komputer.

Biasanya ketika kita ingin melihat beberapa video atau audio kita bisa menontonnya secara online melalui website atau mendownloadnya ke komputer kita untuk melihatnya nanti jika opsi tersebut tersedia. Dalam streaming konten selalu dilihat atau didengarkan secara online dan juga live, karena dimungkinkan juga untuk menonton video online tetapi tidak live tentunya.

Jenis Server Streaming

Pastinya pada poin ini kalian sudah memperhatikan bahwa kita sedang membicarakan tentang video streaming dan audio streaming, dan itulah dua jenis streaming yang ada. Streaming jelas merupakan transmisi video secara real time, yaitu video yang dapat ditonton langsung dari perangkat mereka.

Hal yang sama terjadi dengan audio: streaming audio adalah transmisi audio langsung, sedemikian rupa sehingga orang dapat mendengarkannya secara real time.

Dengan pemikiran ini kita dapat mengatakan bahwa streaming hosting dibagi menjadi dua: di satu sisi ada server streaming video dan di sisi lain ada server streaming audio. Streaming audio sering juga disebut streaming radio atau radio streaming, karena dalam sebagian besar kasus, streaming audio digunakan untuk siaran melalui Internet, meskipun tidak harus mentransmisikan program radio seperti itu.

Saat mentransmisikan video streaming, sangat penting untuk memperjelas kualitas konten yang akan ditransmisikan, kita juga harus mengetahui perkiraan penonton yang diharapkan dan penting juga untuk mengetahui berapa lama acara tersebut akan berlangsung. Dengan ketiga data ini kita sudah bisa mendapatkan gambaran dasar tentang berapa banyak server yang dibutuhkan agar streaming berhasil.

Dalam beberapa kasus, satu server mungkin diperlukan dan di kasus lain di mana terdapat banyak audiens, jumlah server yang lebih besar akan dibutuhkan, bertindak sebagai penyeimbang untuk melayani semua lalu lintas secara real time. Di Infranetworking kami telah berhasil menyeimbangkan lalu lintas hingga 30GBit secara real time dari server streaming video, dengan hasil yang sangat baik. Tentu saja, untuk ini Anda perlu memiliki teknologi yang tepat.

Untuk streaming video, sangat penting untuk memiliki koneksi yang baik di server (disarankan untuk menggunakan jalur minimal 1Gbps), serta transfer yang berlimpah tersedia dan bahwa hosting menggunakan disk SSD dalam sistem, selain kualitas prosesor dan jumlah RAM yang bagus. Semua ini akan membantu streaming berjalan semulus mungkin. Jika audiens yang besar diharapkan, adalah ide yang baik untuk memasang beberapa server secara paralel untuk mengirimkan.

Konsep audio streaming sangat mirip dengan video streaming, hanya saja jenis konten yang kami transmisikan berubah. Dengan hanya mentransmisikan audio, kebutuhan perangkat keras jauh lebih rendah, bahkan sangat jarang untuk melihat stasiun radio langsung yang membutuhkan lebih dari satu server, meskipun seperti biasa hal ini akan sangat bergantung pada audiens dan kualitas transmisi. .

Semakin tinggi kualitas transmisi radio langsung, semakin baik perangkat keras yang kami butuhkan, dan semakin banyak pemirsa yang kami miliki. Streaming radio jauh lebih tidak menuntut daripada streaming video dalam hal perangkat keras, tetapi ini tidak boleh diremehkan: transmisi berkualitas tinggi ke khalayak yang besar dapat menuntut perangkat keras dan jaringan yang baik.

Sangat penting untuk menjelaskan bahwa tidak semua streaming adalah live. Saat ini, pada kenyataannya, ada banyak platform streaming untuk serial dan film seperti Netflix, HBO Go dan Disney +, untuk menyebutkan beberapa, yang bekerja dengan metode non-live streaming, yaitu konten yang disimpan di server platform ini dan yang disajikan kepada pengguna saat mereka memintanya.

Hal serupa terjadi dengan streaming audio: streaming audio tidak harus radio atau streaming musik langsung, karena ini adalah kasus, misalnya, layanan streaming musik seperti Spotify, iTunes, dll., Di mana kita dapat mendengarkan lagu yang disimpan di server platform ini, dalam kasus transmisi yang tidak aktif.

Penting untuk menjelaskan bahwa streaming video atau audio tidak sama dengan mendownload video atau audio. Saat kami mengunduh, kami menyimpan salinan video atau audio di memori perangkat kami atau di hard disk komputer, tetapi dalam streaming, konten tersebut tidak disimpan, tetapi datanya perlahan dikirim ke browser atau aplikasi sesuai kebutuhan.