Hosting

Model Koneksi di Server FTP

Mode Koneksi ke Server FTP
Protokol FTP memiliki kemampuan untuk dibuat dengan berbagai mode koneksi: pasif dan aktif.

Mode pasif
Ia menggunakan koneksi dengan mengirimkan perintah jenis PASV dari klien melalui saluran komunikasi. Di sinilah kami menemukan respons dari server FTP, yang memberi tahu klien melalui port mana yang akan dihubungkan. Porta harus lebih besar dari 1024 dan kurang dari 65535. Kemudian klien melanjutkan untuk membuat sambungan ke port yang sebelumnya dibuat oleh server.

Setelah koneksi dibuat, klien harus mengirim lagi perintah kontrol PASV (atau PORT dalam kasus FTP aktif), yang akan diterima oleh server FTP jarak jauh, yang akan membuka port pasif baru untuk menerima informasi.

Mode ini disarankan jika ada koneksi FTP yang diblokir di tingkat firewall atau transfer file yang terkadang gagal.

Mode aktif
Di sisi lain kami memiliki cara klasik untuk menghubungkan klien FTP, yaitu mode aktif.

Mode aktif FTP menggunakan port 20 untuk membuka saluran komunikasi data di tingkat server, dan kemudian klien menggunakan port yang lebih besar dari 1024 untuk membuat sambungan. Komunikasi ini didasarkan pada perintah kontrol tipe PORT, yang memungkinkan penetapan transfer informasi antara kedua host pada port yang ditentukan sebelumnya.

Cara kerja FTP aktif ini telah memunculkan FTP pasif, dalam upaya untuk memperbaiki penyumbatan firewall, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Jika koneksi FTP aktif berfungsi untuk Anda, tetap gunakan yang itu.

Mode transfer file di FTP
Ada dua cara untuk mentransfer informasi dalam FTP, satu dalam bentuk biner dan yang lainnya dalam mode ASCII. Ini sangat berguna karena tidak semua jenis file perlu ditransfer dengan cara yang sama.

Melakukannya dengan cara yang salah dapat menyebabkan kesalahan transfer, dan bahkan kerusakan data.

Transfer Biner: jenis transfer ini digunakan untuk file .exe (dapat dieksekusi), binari .bin, gambar, video, audio dan file teks dari jenis .doc
Jenis ASCII: ideal ketika file hanya digunakan dengan karakter