Website

Penjelasan Mengenai Apa Itu Malware

Apa Itu Malware

Malware memiliki banyak wajah, dan program jahat berkembang biak di komputer dengan cara yang berbeda. Apakah itu virus, spyware, atau Trojan, keberadaan perangkat lunak berbahaya di sistem komputer harus selalu dihindari. Jenis malware apa yang ada? Dalam panduan ini kami memberi tahu Anda cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari serangan mereka dan apa yang dapat Anda lakukan jika komputer atau ruang web server Anda terinfeksi.

Apa arti malware dan jenis apa yang ada?

Istilah malware mengacu pada jenis perangkat lunak yang umumnya memiliki fungsi berbahaya. Sebagian besar pengguna hanya mengidentifikasinya sebagai virus, sehingga menjauhkan diri dari definisi dan dimensi perangkat lunak berbahaya yang sebenarnya. Virus komputer mewakili jenis malware tertentu dan berbeda dari banyak jenis lainnya.

Virus komputer

Virus adalah program yang menyebar secara independen, mereproduksi dan menyusup ke program komputer lain dan merupakan bentuk perangkat lunak berbahaya yang paling tradisional dan terkenal. Ketika virus diaktifkan, ia mereproduksi dan dapat mengganggu fungsionalitas komputer, menghancurkan data, memata-matai pengguna atau bahkan merusak perangkat keras.

Worm komputer

Worm komputer mereproduksi dan menyebar lebih aktif daripada virus dan tidak perlu mengubah file, tetapi mengakses sistem melalui jaringan atau perangkat penyimpanan. Worm komputer yang menyebar melalui email menggunakan program email pengguna untuk mendistribusikan dirinya sendiri melalui kontak di buku alamat. Seperti virus, worm dapat merusak sistem dan sering digunakan untuk memberi penyerang kendali atas komputer orang lain. Saat ini mereka adalah salah satu jenis malware yang paling banyak digunakan.

Trojan

Kuda troya, lebih dikenal sebagai Trojans (nama mereka mengacu pada mitos Yunani yang dikumpulkan oleh Homer dalam The Odyssey), disajikan sebagai program yang tampaknya tidak berbahaya, tetapi pada kenyataannya mereka mencoba mengakses sistem komputer dan, jika berhasil, mereka menjalankan fungsi-fungsi itu. mempengaruhi pengguna secara negatif. Trojan mampu melakukan tindakan berbahaya, seperti memantau lalu lintas data di komputer atau bahkan menyalin file dan mengirimkannya. Yang lainnya, pada bagian mereka, menjalankan dan memodifikasi program tertentu di komputer dan menginstal perangkat lunak baru (dalam banyak kasus, spyware atau adware). Trojan bahkan dapat dikontrol dari jarak jauh (misalnya, melalui pintu belakang), memberikan kesempatan kepada pengguna lain untuk menyalahgunakan komputer di tempat yang sekarang dikenal sebagai kejahatan dunia maya.

Adware

Istilah ini berasal dari bahasa Inggris dan terdiri dari “iklan” (“Iklan”) dan perangkat lunak (“ware”). Adware memungkinkan iklan untuk ditampilkan dalam sebuah program dan, dalam banyak kasus, itu adalah bagian dari perangkat lunak bebas (freeware) dan sah. Namun, ini bisa berbahaya bila Anda membuat perubahan pada sistem atau pengaturan browser tanpa diminta dan menampilkan misalnya halaman web palsu atau jendela pop-up.

Program mata-mata

Dengan perangkat lunak ini, data pengguna dapat dimata-matai untuk dikirim ke produsen atau pihak ketiga tanpa mereka sadari sedang diamati. Informasi yang diperoleh melalui spyware sering kali digunakan untuk tujuan komersial, yang menghasilkan, misalnya, iklan yang berkaitan dengan data tersebut ditampilkan.

Spyware dan adware termasuk dalam kategori greyware karena tidak menyebabkan kerusakan langsung pada sistem. Namun, keduanya dapat menurunkan kinerja dan keamanan komputer.

Scareware

Scareware adalah software yang dirancang untuk menakut-nakuti dan membingungkan pengguna, biasanya melalui pemberitahuan palsu yang memperingatkan adanya malware di komputer. Jika penggunaan perangkat lunak berbayar disarankan untuk menghilangkan malware, orang dapat berbicara tentang Rogue Software, sebuah program yang menginfeksi komputer ketika pengguna membeli dan menginstal aplikasi yang seharusnya.

Ransomware

Perangkat lunak pemerasan ini melangkah lebih jauh dari scareware, memblokir akses ke sistem operasi komputer atau file tertentu dan meminta tebusan untuk dibuka.

Akses jarak jauh ke komputer sering digunakan untuk serangan Denial of Service (DoS), yang melumpuhkan layanan Internet, atau untuk mengirim email spam. Pintu belakang mengakses sistem secara normal