Website

Tips Hilangkan Malware Pada Website

Menurut Anda, apakah perangkat lunak perusak hanya berada di situs web yang meragukan di beberapa bagian tak dikenal di World Wide Web? Sayangnya bukan ini masalahnya! Peretas berhasil mengunggah program jahat ke situs web kecil yang tidak cukup terlindungi. Meskipun situs tersebut menggunakan platform hosting yang aman, jenis virus ini sulit diidentifikasi dan programnya sering kali tersembunyi dengan baik. Itulah mengapa ada baiknya mengetahui cara menemukan dan menghapus malware dari situs web.

Apa sebenarnya malware itu?

Istilah malware diadopsi dari bahasa Inggris dan mengacu pada program jahat yang fungsinya berbahaya. Malware adalah istilah umum untuk berbagai jenis perangkat lunak berbahaya. Malware sering digunakan secara sinonim dengan “virus komputer”, tetapi malware adalah sesuatu yang spesifik dan hanya salah satu dari banyak bahaya di dunia komputer. Ada banyak alasan di balik ancaman tersebut: spam, email phishing, atau bahkan serangan DDoS.

Ada banyak cara untuk menyusup ke dalam situs web eksternal: pengaya tersembunyi, manipulasi sumber kode, pengalihan berbahaya, unduhan tidak sah, atau phishing. Tujuan peretas seringkali bukanlah, seperti yang dipikirkan banyak orang, untuk menyerang situs web. Pemilik situs web sering kali bahkan tidak menyadari bahwa situs mereka telah diretas, karena peretas menyerang tetapi mereka ingin tidak diperhatikan.

Jenis malware

Untuk mencari dan menghapus malware dari sebuah website, ada baiknya mengetahui musuh terlebih dahulu. Ada banyak program jahat yang beredar. Anda dapat mengklasifikasikannya sebagai berikut, meskipun kategorinya tidak sepenuhnya eksklusif.

Virus

Program yang menggandakan dirinya sendiri dan menyusup ke program komputer lain disebut virus. Mereka menyebar secara independen dan dapat melakukan operasi berbahaya, seperti menonaktifkan driver atau menghapus data. Virus komputer adalah malware “tertua” dan mungkin bentuk malware yang paling terkenal.

Worm

Worm (worm) yang terkenal adalah salah satu jenis perangkat lunak berbahaya yang paling umum di dunia komputer. Bahkan worm, seperti virus, mereplikasi dirinya sendiri. Namun, worm lebih aktif daripada virus dan tidak harus ditautkan ke program lain yang dapat dijalankan untuk menyebar. Misalnya, mereka menggunakan jaringan atau email sebagai pintu gerbang ke sistem. Worm dikirim ke kontak di buku alamat dan menyebar. Worm membuang banyak sumber daya komputasi di komputer yang dimasukinya dan terutama digunakan untuk menyebarkan worm lain di komputer lain.

Trojan

Mirip dengan mitos Yunani tentang kuda Troya, Trojan tampaknya merupakan perangkat lunak yang berguna dan aman yang mencoba mengakses sistem. Jika pengguna tertipu dan menginstal Trojan di komputernya, peretas akan dapat melakukan berbagai fungsi yang tidak dapat dilihat pengguna.

Jenis malware lainnya termasuk adware, spyware, ransomware, rootkit, dan backdoors.